Dinas Dukcapil Kota Tangerang Mudahkan Masyarakat Melalui Drive Thru

LenteraPublik.com, TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) melakukan terobosan baru dalam segi pelayanan. Kali ini melalui program Drive Thru untuk memudahkan masyarakat dalam mengambil dokumen kependudukan.

Pantauan di lokasi, Drive Thru tersebut bertempat di depan Gedung Dinas Dukcapil Kota Tangerang Kawasan Pendidikan Cikokol. Terdapat 1 unit mobil yang disediakan yang di dalamnya ada sejumlah petugas.

Terpampang besar papan berwarna biru bertuliskan Drive Thru. Masyarakat pun dapat mengambil dokumen tersebut tanpa harus mengantre lama.

“Program ini baru kami luncurkan bulan Oktober. Alhamdulillah masyarakat sangat antusias,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangerang, Rina Hernaningsih, Kamis (18/11/2021).

Baru mula diluncurkan, sudah ada beberapa warga yang menikmati program ini. Mereka mengambil dokumen ada yang membawa sepeda motor mau pun mobil tanpa harus turun dari kendaraannya.

“Sudah ada 27 pengunjung,” ucapnya.

Rina menjelaskan layanan ini baru diperuntukan dalam pembuatan e-KTP dan KIA (Kartu Identitas Anak). Saat ini masih dalam tahap sosialisasi.

“Kami terus evaluasi dan melakukan pengembangan terkait inovasi drive thru tersebut,” kata Rina.

Dirinya pun menjelaskan mengenai mekanisme mengenai pelayanan tersebut. Masyarakat awalnya dapat mengakses terlebih dulu website sobatdukcapil.

“Setelah itu masukan data dan ikuti sejumlah petunjuk untuk pembuatan e-KTP dan KIA. Lalu setelah terkonfirmasi untuk mengambil dokumennya, bisa lewat Drive Thru. Dengan cara memperlihatkan bukti berkasnya, e-KTP dan KIA pun sudah dapat diambil sekitar 4 hari masa kerja,” ungkap Rina. (adv)

(Visited 37 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*